Jurus Ampuh Promosi Produk UMKM di Pameran Agar Cuan Maksimal

Sobat Pajak | 2024-18-04 16:14:02 | 14 days ago
article-sobat-pajak
Jurus Ampuh Promosi Produk UMKM di Pameran

Jakarta - Bagi para pelaku UMKM, pameran dagang bagaikan kesempatan emas untuk mendapatkan peluang bisnis yang gemilang. Tak hanya mendongkrak penjualan, pameran membuka kesempatan UMKM memperkenalkan produk lebih luas, meningkatkan visibilitas, dan memperluas jangkauan konsumen.

Namun, kesuksesan di pameran tak datang begitu saja. Diperlukan strategi jitu untuk menarik perhatian pengunjung dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. Goals utama selain memperoleh penghasilan setinggi mungkin di hari pameran, juga tentunya diharapkan pelanggan dapat menjadi pelanggan tetap, atau sekadar mengikuti toko online kita di media sosial. Namun, bagaimana caranya? Yuk, pelajari 6 jurus ampuh untuk melesatkan penjualan UMKM di pameran dagang, serta membangun koneksi dengan pelanggan baru.

  1. Perencanaan Matang

Jauh-jauh hari sebelum pameran, susunlah perencanaan matang yang menjadi acuan dalam proses Anda menempatkan segala perintilan dan properti stan toko Anda. Pilihlah pameran yang sesuai dengan target pasar Anda. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai, entah itu meningkatkan penjualan, memperluas jaringan, atau memperkuat branding. Buatlah rincian anggaran yang mencakup biaya sewa stan, peralatan, promosi, dan lain sebagainya.

  1. Konten Promosi Menarik

Desain stan yang menonjol dengan logo yang mudah diingat menjadi daya tarik utama. Lengkapi dengan informasi produk yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Siapkan materi promosi seperti brosur, pamflet, banner, kartu nama, dan spanduk dengan desain profesional. Sampel produk dan demonstrasi langsung juga menjadi senjata pamungkas untuk memikat hati pengunjung.

  1. Promosi Prapameran Untuk Membangun Antusiasme

Manfaatkan website dan media sosial untuk mengumumkan keikutsertaan Anda di pameran. Sebarkan undangan kepada pelanggan potensial dan lakukan rilis berita di media lokal. Semakin banyak orang yang tahu, semakin besar peluang untuk menarik pengunjung dan meningkatkan potensi bisnis.

  1. Lokasi Strategis adalah Kunci Keberhasilan

Lokasi stan yang strategis menjadi faktor penting dalam menarik pengunjung. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau, seperti dekat pintu masuk atau area favorit. Hal ini akan meningkatkan visibilitas stan Anda dan mendorong lebih banyak pengunjung untuk datang.

  1. Interaksi Memikat Sebagai Dasa Membangun Koneksi

Kuasai seni berbicara dengan ramah, informatif, dan tulus kepada pengunjung. Jawab pertanyaan mereka dengan jelas dan ciptakan pengalaman menyenangkan yang mendorong mereka untuk membeli. Kembangkan kemampuan elevator pitch untuk menjelaskan produk secara singkat dan menarik. Dengarkan keluhan calon pelanggan dan berikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan mereka.

  1. Follow Up Pelanggan Potensial Untuk Membangun Relasi Jangka Panjang

Jangan lupa untuk menindaklanjuti semua pengunjung yang menunjukkan minat terhadap produk Anda. Kumpulkan informasi kontak mereka dan kirimkan ucapan terima kasih disertai penawaran spesial. Bangun relasi dan jadikan mereka pelanggan setia di masa depan. Pada beberapa pameran besar yang baru-baru ini terselenggara, baik vendor penyelenggara dan para penyewa stan biasanya akan berlomba-lomba menawarkan games dengan hadiah yang sangat menarik. Selain games, biasanya brand juga akan memberikan produk secara gratis dengan persyaratan pengunjung harus melakukan dokumentasi atau membuat konten sosial media di dalam stan mereka. Dengan cara ini, brand secara efektif mendapat keuntungan eksposur yang cukup luas.

Pameran dagang bukan hanya tentang penjualan, tapi juga tentang membangun brand awareness, menjalin relasi, dan membuka peluang baru. Dengan menerapkan 6 jurus ampuh di atas dan memanfaatkan berbagai tips tambahan, UMKM dapat memaksimalkan partisipasi mereka di pameran dan mencapai kesuksesan yang gemilang.

Article is not found
Article is not found